4 Jenis Kopi Indonesia Diakui Dunia

kopi hitamJakarta | Lintas Gayo – Indonesia adalah salah satu negara dengan produksi kopi terbesar di dunia. Tetapi untuk urusan jenis spesifikasi kopi (special coffee), Indonesia punya lebih banyak jenis kopi dibandingkan negara lainnya.

Diberitakan detik.com, Sabtu (16/11/2013), selain Kopi Luwak yang sudah dikenal masyarakat dunia dengan kualitas dan harganya yang mahal, ada 3 jenis kopi asal Indonesia yang juga digemari oleh negara asing seperti Amerika Serikat dan Eropa.

“Selain kopi luwak, ada 3 kopi lain yang sangat disukai orang Amerika dan Uni Eropa, yaitu kopi Toraja, Kopi Sumatera, dan Kopi Gayo,” ungkap Pemilik Anomali Coffee Irvan Helmi.

Harga ketiga jenis kopi ini jauh lebih murah dibandingkan kopi luwak. Namun soal rasa dan kualitas tidak perlu diragukan lagi.

“Harganya untuk ketiga jenis kopi ini rata-rata Rp 80.000/100 gram, jadi memang jauh lebih murah dari kopi luwak. Tetapi kualitas tentu juga tinggi,” imbuhnya.

Menurut Irvan, jenis spesifikasi kopi di Indonesia cukup banyak dan tidak terhitung jumlahnya. Masing-masing kopi di Indonesia memiliki aroma, citra rasa, dan kualitas yang berbeda-beda.

“Kalau untuk jenis kopi umumnya ada dua yaitu arabica dan robusta tetapi di Indonesia itu juga banyak spesies kopi di masing-masing daerah contohnya kopi Toraja berbeda dengan kopi Jawa atau lainnya. Banyak jumlahnya dan memiliki kekhasan sendiri-sendiri,” ujarnya. (Fa/Detik)

Sumber: Lintasgayo.com

Kopi Arabika Indonesia Segar


Leave a Reply

Your email address will not be published.