Amerika Serikat, Tujuan Terbesar Ekspor Kopi Gayo

Ekspor KopiJakarta – Amerika Serikat merupakan tujuan ekspor terbesar kopi gayo dari Kabupaten Aceh Tengah Provinsi Aceh.

“Aceh Tengah merupakan salah satu pengekspor kopi arabika terbesar terutama ke Amerika Serikat yang mencapai 3,15 juta Kg dari 3,42 juta Kg total ekspor sepanjang Januari hingga Juni 2014,” kata Asisten I Pemkab Aceh Tengah Muhammad Syukri di Jakarta, Rabu (3/9).

Hal itu disampaikan Syukri disela-sela pameran kopi Gayo dan batu giok Aceh pada acara Didong Senayan 2 di gedung Nusantara V kompleks DPR MPR RI Jakarta.

Selain ke AS, ekspor kopi arabika Gayo juga menembus pasar Kanada mencapai 152.400 kg disusul Jerman sebanyak 56.400 kg, Swedia sebesar 19.200 kg, Irlandia 18.000 kg, Selandia Baru 18.000 kg dan Belanda sebanyak 300 kg.

“Permintaan ekspor kopi selalu tinggi bahkan malah tidak cukup, mereka meminta yang kualitas ‘Specialty’ dan yang grade satu serta grade dua,” kata Syukri.

Kopi yang diekspor masih dalam bentuk biji mentah (green bean) yang memiliki kriteria dalam 300 gram kopi yang cacat tidak boleh lebih dari 11 nilainya.

Kabupaten Aceh Tengah adalah salah satu daerah sentra produksi kopi jenis arabika dengan luas lahan sekitar 48 ribu hektare dengan produksi rata-rata mencapai 25 ribu ton per tahun.

Sebagian besar penduduk Aceh Tengah menggantungkan hidup dari bertani kopi yaitu mencapai 36 ribu kepala keluarga atau 80,18 persen dari total penduduk Aceh Tengah yang berjumlah 214 ribu jiwa.

Sumber : beritasatu.com (/djk)

Kopi Arabika Indonesia Segar


Comments

Amerika Serikat, Tujuan Terbesar Ekspor Kopi Gayo — 2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.