E Mart Menjual Kopi Indonesia

kopi indonesia korea mandailingPada tanggal 12 Februari 2014, bertempat di e-mart cabang Seongsu, Seoul, telah diadakan acara launching pertanda dimulainya penjualan kopi asal Indonesia dan Kenya. 

Acara tersebut dihadiri oleh Duta Besar RI, John A. Prasetio, Duta Besar Kenya untuk Korea, Kepala UNICEF Korea, dan segenap pengusaha terkait, serta diliput oleh sekitar 10 media Korea. Penjualan kopi asal Mandailing ini merupakan yang pertama kali dilakukan e-mart dengan sistem impor langsung. Pada saat ini e-mart mengimpor 2 kontainer kopi atau setara dengan 38 ton dari Indonesia dan akan ditingkatkan menjadi 5-6 kontainer setiap tahunnya. Impor dari Indonesia masih berupa biji kopi mentah dan proses produksi masih dilakukan di Korea. Namun demikian, penjualan kopi Indonesia oleh e-mart sudah merupakan suatu capaian tersendiri dan dapat lebih memperkenalkan kopi Indonesia secara lebih luas pada masyarakat Korea.

E-Mart, yang merupakan salah satu outlet retail terbesar di Korea dibawah Shinsegae Corp. dengan sekitar 150 cabang yang tersebar di seluruh negeri, juga menjalin kerjasama dengan UNICEF terkait dengan penjulan kopi Indonesia dan Kenya ini, dimana 1% dari hasil penjualan akan disumbangkan kepada UNICEF untuk mendukung kegiatannya di seluruh dunia. Selain dari Indonesia dan Kenya, pihak e-mart telah terlebih dahulu memasok kebutuhan kopi untuk outletnya dari beberapa negara seperti Brazil, Ethiopia dll.

Pada saat ini Korea mengimpor kopi dari beberapa negara di dunia dengan nilai US$2 milyar setahunnya, dimana Indonesia hanya mengambil porsi sekitar US$6,7 juta saja. Hal ini merupakan peluang yang bisa terus dikembangkan bagi kopi Indonesia, mengingat keragaman kopi yang dimiliki oleh Indonesia dan pasar kopi yang terus berkembang di Korea. Budaya minum kopi telah tumbuh dengan pesat di negeri ginseng ini sebagai salah satu media bersosialisasi, yang ditandai dengan menjamurnya coffee shop di seluruh pelosok negeri, baik dengan merek lokal maupun internasional. Belakangan ini trend kopi Korea mulai mengalami pergeseran dari kopi instan ke roasted coffee yang dinilai lebih bercita rasa dan lebih sehat.

Sumber: http://kbriseoul.kr

Kopi Arabika Indonesia Segar


Leave a Reply

Your email address will not be published.