Inilah Beberapa Manfaat Dari Ampas Kopi

gambar kopi manfaatMasyarakat Nusantara ini patut bersyukur karena menjadi masyarakat yang dimudahkan dalam menikmati kopi. Bagaimana tidak, karena orang yang hidup di negeri lain belum tentu bisa semudah kita dalam hal memperoleh dan lalu menikmati secangkir kopi.

Karena kopi pulalah, maka bangsa-bangsa barat dahulu kala mendatangi dan kemudian hendak menguasai serta memonopoli kita.

Telah banyak yang memaparkan tentang manfaat dan juga madharat dalam mengonsumsi kopi. Oleh karenanya kali ini kita simak saja dulu bagian lain dari kopi yang justru kasat mata namun jarang diperhatikan. Ialah ampas kopi.

Ada apa Dengan Ampas Kopi?

Sebagian besar dari kita hanya fokus dengan keberadaan kopi atas berbagai manfaatnya, dan lalu seusai kita mengonsumsinya langsung membuang ampas yang tertinggal di dalamnya. Padahal dari ampas itu ada tak sedikit pula manfaat yang bisa kita ambil.

Sebagai Pupuk Kompos

Ampas kopi memiliki kandungan nitrogen yang sangat tinggi. Hal itu tentu saja memberikan manfaat untuk dijadikan pupuk kompos, karena memiliki fungsi guna menggemburkan tanah. Dalam aturan pemanfaatan ampas kopi ini, ada baiknya diurai dan dicampurkan dengan berbagai macam dedaunan serta rerumputan, dan lalu ditaburkan pada tanah, sehingga akan mengalami kesuburan.

Penghilang Bau Dalam Lemari Pendingin

Acapkali ada aroma tak sedap dalam lemari es yang kita miliki. Hal itu tentu saja mengganggu kenyamanan yang ada, apalagi sehubungan banyak makanan yang kita taruh di sana. Untuk mengatasi hal tersebut, sebagai salah satu solusi terbaiknya adalah dengan meletakkan ampas kopi pada sebuah wadah, bisa piring, gelas, ataupun mangkuk, selanjutnya dimasukkan ke dalam lemari pendingin yang beraroma tak sedap tersebut.

Mempercantik Kulit

Sebagaimana kosmetik yang kita beli dengan harga mahal di toko-toko, ampas kopi ternyata juga memiliki khasiat serupa, yaitu sebagai bahan scrub yang menghaluskan dan mempercantik keadaan kulit.

Dalam volume sama, ampas kopi dicampur dengan minyak zaitun dan kemudian digosokkan pada bagian permukaan kulit, maka sel-sel kulit mati bisa terlepas, sedangkan suhu kulit juga akan sedikit lembab. Kelembababan ini tak pelak membantu dari kekasaran yang terjadi.

Membersihkan Peralatan Dapur

Selain detergent, material yang sering kita pakai untuk membersihkan perkakas dapur dan alat memasak biasanya adalah abu gosok. Hal itu memang sangat membantu. Namun ampas kopi juga memberi bantuan lebih padanya, karena dengan memanfaatkan ampas kopi noda dan kotoran yang membandel akan teratasi. Caranya adalah dengan menggosokkan peralatan dapur itu menggunakan gabus-spons yang dibubuhi ampas kopi, maka tekstur ampas kopi yang sedikit kasar itu akan dengan mudah membantu membersihkan noda yang mmebandel tersebut.

Masker Wajah

Selain menghaluskan dan mempercantik kulit, ampas kopi juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah. Hal ini juga acap dilakukan demi menghilangkan bintik hitam bekas jerawat yang ada di wajah. Bubuk kopi dicampurkan dengan minyak bayi, kemudian dioleskan pada wajah, dan selanjutnya dipijat secara pelan dan lembut. Apabila hal ini dilakukan secara teratur, tak pelak bintik hitam bekas jerawat hilang lebih cepat.

Ada yang menyarankan penggunaan kopi dan juga ampasnya ini karena ada manfaat lain yaitu mampu mengurangi resiko terkena kanker kulit. Hal ini sesuai dengan yang dipaparkan para peneliti di Universitas Rutgers, New Jersey, Amerika Serikat, bahwa kafein yang terkandung pada kopi serta ampasnya mmeberikan manfaat untuk menghambat enzim atau protein penyebab timbulnya kanker kulit. Selain itu, bubuk kopi itu juga memiliki kemampuan lebh dalam menghalangi sinar ultra-violet sebagai salah satu penyebab utama kanker kulit. [uth]

Sumber Rujukan:

[1] Manfaat Ampas Kopi Yang Perlu Anda Tahu www.rumahku.com Diakses pada 19 Desember 2014

[2] Gambar ilustrasi www.rumahku.com Diakses pada 19 Desember 2014

Sumber:

Inilah Beberapa Manfaat Dari Ampas Kopi

Kopi Arabika Indonesia Segar


Leave a Reply

Your email address will not be published.