Kledung Ekspor Kopi Arabika ke Korea

Ekspor Kopi Indonesia16 Agustus 2014 | 06:40 wib

TEMANGGUNG, suaramerdeka.com – Kelompok Tani Daya Sindoro Desa Tlahap Kecamatan Kledung mengekspor kopi jenis arabika ke Korea Selatan sebanyak 15 ton. Eksport kopi ke negara ginseng tersebut bukan yang pertama, namun sudah kesekian kalinya.

“Sejak beberapa tahun lalu, hasil panenan kopi dari anggota kelompok tani kami, dieksport ke Korea Selatan, jadi ini bukan yang kali pertama. Kopi yang dihasilkan oleh anggota kelompok tani kami, beberapa hari yang lalu telah dikirim ke negara tujuan,” kata Ketua Kelompok Tani Daya Sindoro, Tuhar.

Diungkapkannya, ke depan kelompok taninya akan berupaya untuk mengeksport kopi ke negara yang sama, mengingat sebetulnya kebutuhan kopi dari Kledung di Negara Ginseng itu cukup besar. “Produksi kopi yang dihasilkan kelompok kami saat ini belum mampu memenuhi permintaan dari Korea Selatan,” katanya.

Selama musim panen kopi arabika, jumlah produksi se-Kecamatan Kledung kurang lebih 88 ton kopi biji atau beras. Dari jumlah tersebut, yang berasal dari Desa Tlahap kurang lebih 40 ton. Dalam sambutannya, Wabup Irawan Prasetyadi, menyatakan rasa bangganya dengan adanya ekspor kopi arabika ke negara Korea Selatan menjelang masa panen tembakau ini.

“Hasil dari kopi yang ditanam secara tumpangsari dengan tembakau ini tentunya akan memberikan penghasilan kepada para petani. Selanjutnya dari hasil penjualan kopi ini, bisa sebagai tambahan modal dalam mengolah tembakau,” tuturnya.

Menurutnya, ekspor kopi Tlahap ini diharapkan dapat menjadi contoh daerah penghasil kopi lain di Kabupaten Temanggung, sehingga dapat mengikuti jejaknya melakukan hal yang sama. Kemudian, untuk ke depan, wabup mengharapkan, kopi yang diekspor itu tidak hanya dalam bentuk biji atau beras namun juga bubuk, sehingga harganya lebih mahal.
( Henry Sofyan / CN26 / SMNetwork )

Sumber:
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2014/08/16/213257/Kledung-Ekspor-Kopi-Arabika-ke-Korea

Kopi Arabika Indonesia Segar


Leave a Reply

Your email address will not be published.