Kopi Arabika Ini Dijual Dengan Harga Selangit

27_indonesian specialty coffeeSenin, 13 Oktober 2014 09:00

GriyaWisata.com – Kopi Arabika asal Pengalengan, Jawa Barat, yang diproduksi oleh Slamet Prayogo laku di harga Rp219 juta dalam acara Lelang Kopi Spesial Indonesia ke-3 tahun 2014, Jumat.

Kopi yang dijual oleh PT Sinar Mayang Lestari itu berhasil dilelang dengan nilai 30 dollar AS per kilogram atau kurang lebih Rp360 ribu per kilogram.

Anomali Coffee dan Common Ground berani menaruh harga tinggi bukan tanpa alasan. Salah satu pemilik Anomali Coffee, Irvan Helmi, mengungkapkan pihaknya tertarik dengan kopi tersebut karena memiliki detail rasa yang unik.

“Menurut Anomali dan Common Ground, kopinya sangat berbeda dengan yang lain. Kopi ini akan menghasilkan kopi yang unik, makanya kami jaga jangan sampai dijual di luar negeri,” kata Irvan Helmi usai acara yang diselenggarakan bersamaan dengan Indonesia Trade Expo (ITE) di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Irvan mengatakan kopi bukan sekedar soal selera tetapi juga harus punya cerita. Ia melihat ada keunikan tersendiri dari kopi yang ia beli karena memiliki detail rasa seperti nangka, jeruk manis, melon, dan leci.

“Kenapa pasang di angka tersebut, di luar dari rasa kopi tapi juga punya cerita. Kopi ini ditanam di salah satu perkebunan yang cukup baru, dan rasanya juga unik percampuran seperti, jack fruit, sweet orange, melon, leci. Selain itu, biasanya kopi Indonesia kental dan asam sangat rendah. Sedangkan ini menarik karena keasamannya tinggi,” jelasnya.

Lelang Kopi Spesial Indonesia tahun ini diikuti oleh 145 sampel kopi dari seluruh Indonesia dan menyisakan hanya 30 finalis.

Irvan, selaku ketua panitia lelang, mengakui keikutsertaan tahun ini lebih tinggi dari sebelumnya.

Hal lain yang juga menarik adalah dari sekitar 85 pembeli yang datang ke acara lelang, mayoritas adalah pembeli lokal.

“Ini indikasi bagus, artinya permintaan lokal meningkat,” ujarnya sambil menyebutkan hanya dua kopi yang tidak laku dilelang.[ant]

Sumber:
http://www.griyawisata.com

Kopi Arabika Indonesia Segar


Leave a Reply

Your email address will not be published.