Kopi Arabika Kintamani Sasar Penikmat di Irlandia

kopi kintamaniSELAIN dikenal memiliki hasil pertanian jeruk unggulan, Kintamani juga dikenal dengan produk kopinya yang sudah mendunia. Untuk lebih mengenalkan brand kopi arabika kintamani di pasar Internasional, produk lokal ini akan diikutkan di Coffee and Tea Festival di Kota Dublin, Irlandia pada pertengahan September mendatang. Hal ini terungkap ketika Bupati Bangli, I Made Gianyar, menerima kunjungan perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Brussels Belgium, Putu Juli Ardika, Senin (1/9) kemarin.

Juli Ardika mengatakan, tujuan mengikuti acara tersebut untuk mempromosikan keanekaragaman cita rasa kopi asli Indonesia. Kopi itu juga sudah mendapat sertifikat indikasi geografis dari Kementerian Hukum dan HAM RI melalui Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJHKI). Melalui festival ini, ujarnya, pemerintah ingin mengupayakan pengakuan dunia internasional akan keberadaan brand kopi arabika kintamani.

Selain kopi arabika kintamani, tambahnya, pihaknya juga akan memfasilitasi kopi gayo aceh, kopi benjawa flores, kopi arabika java ijen raung (Jawa Timur) dan kopi arabika java preanger (Jawa Barat) yang semuanya memiliki sertifikat dari DJHKI.

Dalam acara itu nanti, terangnya, kopi dari Indonesia akan disuguhkan untuk para ahli kopi di sana. Harapannya, indikasi geografis kopi Indonesia mendapat pengakuan secara internasional. Jika demikian, kopi dari Indonesia akan menjadi referensi dunia. Pun memiliki nilai tawar lebih tinggi di antara produk kopi lain.

Di samping itu, tujuan lain menyertakan indikasi geografis kopi Indonesia dalam festival ini, yakni untuk memfasilitasi komunikasi petani dengan para importir kopi melalui website. ‘’Dengan demikian, produk yang dihasilkan oleh petani Indonesia tidak diklaim oleh negara lainnya,’’ tandasnya.

Bupati Made Gianyar menyambut positif penyertaan apa yang dipaparkan tersebut. Dia menilai kegiatan itu sebagai media tepat mengenalkan brand kopi arabika kintamani kepada penikmat kopi dunia. Melihat kualitasnya selama ini, Bupati asal Kintamani itu yakin produk Kintamani mampu mencuri hati ahli kopi dunia. ‘’Kami sangat mendukung dan siap memfasilitasi untuk suksesnya rencana ini. Dan, kami yakin kopi arabika kintamani mampu mencuri hati penikmat kopi dunia,’’ tandasnya. (dek)

Sumber:
http://www.denpostnews.com/ekonomi/kopi-arabika-kintamani-sasar-penikmat-di-irlandia.html

Kopi Arabika Indonesia Segar


Leave a Reply

Your email address will not be published.