Kopi, Aset Negara yang Terus Berkembang

Kopi IndonesiaPosted on December 9, 2014 by Lia Amelia Martin

Indonesia tidak hanya terkenal dengan negara agraris, melainkan juga negara yang kaya akan komoditas kopi. Dengan penyebaran yang merata di seluruh Indonesia, kopi menjadi sumber daya alam yang paling dinikmati oleh masyarakat Indonesia dan mancanegara. Dengan didasari oleh bisnis kopi yang sukses oleh para petani, Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) mengadakan Festival Kampung Kopi & Coklat di Gelora Bung Karno. Festival tersebut diikuti oleh para pebisnis kopi di seluruh Indonesia. Tidak hanya membuka stan, beberapa peserta pun juga mempraktekkan cara membuat kopi. Acara yang digelar selama dua hari tersebut terdiri dari 32 stan, masing-masing dari kabupaten penghasil kopi dan perusahaan.

“Penyelenggaraan kegiatan festival Kampung Kopi dan Coklat 2015 ini dimaksudkan untuk membangun kemitraan bisnis dan investasi komoditi kopi dan kakao diseluruh kabupaten, sebagai salah satu gerakan pertumbuhan ekonomi daerah yang lebih berpihak terhadap kepentingan pertumbuhan kepentingan masyarakat,” ujar Mercy Luvina, Kepala Sekretariat APKASI.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ir.H.Nasaruddin M.M, Ketua Pelaksana APKASI. Ia mengatakan bahwa festival yang baru diselenggarakan pertama kali itu diadakan dalam rangka mempromosikan komoditi kopi dan kakao yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. “Banyak daerah penghasil kopi dan kakao di Indonesia dengan kualitas internasional, namun belum terinformasikan dengan baik di dalam negeri maupun luar negeri.  Padahal dengan dikenalnya Indonesia sebagai salah satu penghasil kopi dan kakao terbaik di dunia, banyak buyer yang ingin membeli atau berinvestasi di komoditi kopi dan kakao,” ujarnya.

Johan, karyawan Ratu Luwak sekaligus peserta festival mengaku senang dapat berpartisipasi. “Kami dari Lampung membawa olahan kopi kami. Tidak hanya di Indonesia, kopi luwak kami juga sudah ekspor ke beberapa negara tetangga. Harapannya dengan adanya festival ini juga memperkenalkan kopi kami,”dia berharap. (EVA)

Sumber:
http://swa.co.id/business-strategy/kopi-aset-negara-yang-terus-berkembang

Kopi Arabika Indonesia Segar


Leave a Reply

Your email address will not be published.