Kopi Gayo Aceh Telah Dipasarkan ke 17 Negara

kopi gayoACEH – Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin menjelaskan, produk komoditas kopi asal dataran tinggi “Tanah Gayo” kini telah dipasarkan ke 17 negara di dunia seperti Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Belanda dan Inggris.

“Kopi Gayo kini telah dipasarkan dalam jumlah besar di sejumlah negara, karenanya semua pihak bisa menjaga kualitas dan kuantitas dari komoditas itu,” katanya di Takengon, Rabu.

Hal tersebut juga disampaikan bupati dalam pertemuannya dengan Wakil Duta Besar Indonesia untuk Belgia, Ignacio Kristanyo Hardojo yang mengunjungi Aceh Tengah.

Namun, ekspor kopi asal dataran tinggi “Tanah Gayo” ke mancanegara itu lebih banyak dilakukan melalui pelabuhan Belawan Medan, Sumatera Utara.

Didampingi Kabag Humas dan Protokol Sekdakab Aceh Tengah Mustafa Kamal, Bupati mengharapkan Kedubes RI di Belgia agar lebih gencar mempromosikan produk kopi “Gayo” ke negara itu.

“Kami juga berharap Kedubes Indonesia untuk Belgia menjadi pintu masuk untuk semakin mempopulerkan kopi ‘Gayo’ di manca negara terutama di negara-negara eropa,” kata Nasaruddin.

Pemkab Aceh Tengah berkomitmen kuat untuk meningkatkan nilai tambah produk kopi bagi masyarakat, selain memperluas pasar juga peningkatan kapasitas petani hingga penyediaan bibit unggul gratis kepada para petani, ucap Bupati.

Sementara itu, Wakil Dubes Indonesia untuk Belgia, Ignacio Kristanyo Hardojo mengatakan, nama “Gayo” sudah terkenal di negara-negara eropa, tetapi masih sulit untuk ditemukan produknya.

Namun, ia berjanji kedepan akan lebih gencar mempopulerkan kopi “Gayo” kepada masyarakat eropa.

Selama di Aceh Tengah, Wakil Dubes RI mengunjungi lokasi pembibitan milik Sudomo di Kecamatan Pegasing, kemudian melihat proses penyortiran dan pengemasan kopi serta uji aroma dan cita rasa di Koperasi Baburrayan di daerah itu.

“Saya sangat terkesan dengan kopi ‘Gayo’ dan akan saya sampaikan dalam forum-forum internasional di Eropa. Saya juga menginginkan kopi ‘Gayo’ mendapat tempat dan jadi tolok ukur cita rasa kopi kelas dunia di Eropa,” katanya.

Ia juga menjelaskan akan ada tim susulan untuk membuat dokumenter tentang kopi “Gayo” yang akan dipublikasikan secara luas, khususnya di Eropa.

(Sumber : Investor.co.id)

Kopi Arabika Indonesia Segar


Comments

Kopi Gayo Aceh Telah Dipasarkan ke 17 Negara — 2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.