Kopi Indonesia Jadi Primadona di TEI

kopi gayo coffee 2Rachmad Faisal Harahap
Jurnalis

JAKARTA – Produk makanan dan minuman (mamin) olahan masih menjadi primadona pada Trade Expo Indonesia (TEI) 2015. Produk mamin Indonesia memang menjadi perhatian, terlebih untuk produk specialty coffee yang pasarnya dapat meningkat seiring dengan perbaikan citra dan kualitas produk kopi Indonesia.

“Indonesia menempati urutan kelima sebagai penyuplai kopi dunia. Maka sebagai upaya menjadikan Indonesia sebagai penghasil kopi terdepan di dunia, Kemendag gencar meningkatkan citra produk kopi, salah satunya melalui zona kopi di TEI 2015,” jelas Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Kementerian Perdagangan Pradnyawati di Jakarta, Jumat (23/10/2015).

Dia melanjutkan, zona kopi ini sekaligus menjadi bagian dari ajang “Road to Atlanta 2016”. Indonesia memastikan akan berpartisipasi pada pameran Specialty Coffee Association of America (SCAA) 2016 di Atlanta dan ajang coffee cupping di TEI 2015 menjadi salah satu sarana untuk menyeleksi kopi yang akan dipamerkan di sana.

Menariknya, kegiatan ini dilaksanakan secara bersamaan dalam tujuh panel diskusi yang dibagi berdasarkan kawasan. Topik yang dibahas yaitu tips dan trik memasuki pasar ASEAN dan ANZ, Asia (non-ASEAN), Timur Tengah, Afrika, Eropa, serta strategi penetrasi pasar Eropa dan Amerika.

Forum Trade, Tourism, and Investment (TTI) juga dilengkapi dengan bussiness councelling yang berfungsi sebagai media informasi dan konsultasi para eksportir. Kegiatan ini menghadirkan 25 Atase Perdagangan, 19 Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), dan satu Kepala KDEI.

Seperti halnya regional discussion, kegiatan ini juga dilaksanakan secara panel dengan membaginya menjadi empat kategori, yaitu wilayah ASEAN dan Asia Non-ASEAN, Australia, Timur Tengah dan Afrika, serta Eropa dan Amerika.
(mrt)

Sumber:
http://economy.okezone.com/read/2015/10/23/320/1237064/kopi-indonesia-jadi-primadona-di-tei

Kopi Arabika Indonesia Segar


Leave a Reply

Your email address will not be published.