Kopi Lokal Lebih Harum di Mancanegara

kopi hitam madre coffeewww.businessweekindonesia.com – Keunikan rasa dan tingginya kualitas kopi Indonesia seperti kopi Gayo dari Aceh, kopi Sidikalang dari Sumatera Utara, kopi Toraja dari Sumatera Utara, hingga kopi Kintamani dari Bali telah terkenal hingga ke mancanegara. Selain reputasinya, produksi kopi Indonesia juga menduduki peringkat ketiga terbesar dunia. Tahun ini produksi kopi Indonesia diperkirakan mencapai 738.000 ton, yang berarti meningkat dari produksi tahun lalu sebesar 728.000 ton.

Kendati menjadi negara produsen kopi yang cukup besar, penikmat kopi di Indonesia tergolong minim. Indikasinya terlihat dari rendahnya konsumsi per kapita kopi Indonesia yang hanya mencapai 1,3 kilogram per tahun; masih sangat sedikit bila dibandingkan konsumsi negara lain seperti Finlandia (7,9 kilogram), Belanda (6,7 kilogram), dan Brasil (4,8 kilogram).

Rendahnya angka konsumsi ini diperkirakan karena sebagian besar masyarakat masih menganggap kopi berdampak buruk bagi kesehatan. Padahal kopi sebenarnya berguna untuk menjaga kesehatan bila dikonsumsi secukupnya dan tidak berlebihan.

*Dapatkan artikel selengkapnya di majalah Bloomberg Businessweek Indonesia edisi 46

Sumber: www.businessweekindonesia.com

Kopi Arabika Indonesia Segar


Leave a Reply

Your email address will not be published.