Kopi Preanger yang Mendunia

kopi preangerNama kopi preanger saat ini mungkin terdengar asing di telinga Anda. Pada masa kolonial Belanda, nama kopi asal Garut Jawa Barat ini sangat terkenal. Padahal kopi ini adalah jenis kopi yang pernah menyandang nama besar dan tersohor. Namanya pernah melegenda di kalangan para bangsawan dan orang-orang Eropa, terutama orang Belanda yang pernah tinggal atau berkunjung ke Indonesia.

Kopi preanger saat ini banyak ditanam oleh masyarakat Garut yang tersebar di beberapa lembaga masyarakat desa hutan (LMDH). Kopi ini sangat cocok tumbuh di wilayah pegunungan dengan ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut.  Dengan meningkatnya prospek perkopian internasional saat ini, Pemerintah Provinsi Jabar dan Pemkab Garut mencoba untuk mengangkat kembali kopi preanger yang telah cukup dikenal pada masa jayanya dahulu.

Menurut Kepala Perum Perhutani Unit III Jabar, Bambang Setiabudi, di Kabupaten Garut telah ditanami kopi seluas 2700 hektare. Dari jumlah itu, mayoritas ditanami kopi jenis preanger. Sebagai upaya mengembalikan citra komoditi kopi preanger asal Garut, dan juga sebagai upaya memenuhi tingginya permintaan pasar terhadap produk kopi asal Kabupaten Garut, Indriana Soemarto selaku Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Garut mengarahkan sentra pengembangan tanaman kopi di wilayah tengah Kabupaten Garut yang bertopografi dataran tinggi dan pegunungan. Karena hal tersebut sesuai dengan areal yang dibutuhkan oleh tanaman kopi Arabika, sekitar 800-900 meter di atas permukaan laut.

Panen raya kopi jenis Arabika yang dikelola Kesatuan Pemangku Hutan Perhutani Garut bersama lembaga masyakat desa hutan (LMDH) digelar di blok Gunung Jaya Papandayan, Desa Kramatwangi Kecamatan Cisurupan Kab. Garut. Hal itu dilakukan untuk mengangkat pamor kopi garut yang dikenal dengan sebutan kopi “preanger”. Untuk lebih mempopulerkan lagi kopi jenis ini, pemerintah setempat bekerjasama dengan pemerintah provinsi Jawa Barat mengekspor kopi ini ke Amerika Serikat. Sekitar 70 persen kopi arabika dan robusta yang dipetik dan diolah para petani di Priangan ini, diekspor ke Amerika Serikat. kualitas kopi Preanger atau kopi asal kawasan Priangan sangat terkenal di mancanegara. Walaupun dalam segi kuantitas, tahun ini Vietnam menyusul Indonesia sebagai negara penghasil kopi, namun kualitas kopi Indonesia tetap tidak terkalahkan. Para pengusaha cafe asal Amerika dan Eropa tetap memilih kopi Indonesia// Nuke

Sumber:
http://voi.rri.co.id/voi/post/berita/94646/warna_warni/kopi_preanger_yang_mendunia.html

Kopi Arabika Indonesia Segar


Comments

Kopi Preanger yang Mendunia — 1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.