Kopi Robusta Temanggung di Ekspor Ke Korsel

kopi robusta asliTEMANGGUNG, suaramerdeka.com – Setelah beberapa waktu lalu Kabupaten Temanggung mengekspor kopi arabika yang dihasilkan petani di Kecamatan Kledung, kemarin giliran kopi jenis robusta yang dihasilkan petani dari Kecamatan Jumo dan Gemawang, yang di ekspor ke Korea Selatan.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UMKM, Ronny Nurhastuti, mengatakan, kopi yang diekspor itu dihasilkan kelompok usaha bersama (KUB) Robusta Jaya Mandiri, Desa Ketitang, Kecamatan Jumo, dan KUB Robusta Mandiri Desa/Kecamatan Gemawang.

‘’Hari ini (Rabu, 25/12), kedua KUB kopi robusta tersebut telah melaksanakan peluncuran dimulainya kegiatan ekspor kopi robusta ke Korea Selatan. Ekspor tersebut akan terus dilaksanakan pada waktu-waktu mendatang,’’jelasnya.

Diungkapkannya, total kopi beras (green been) dari hasil pengolahan dua KUB yang diekspor ke Korea Selatan itu sebanyak 18 ton atau satuk ontainer. Sedangkan pengirimanannya melalui pihak eksportir PT Cakra Salatiga.

Menurutnya, dengan diekspor, harga jual kopi robusta tersebut lebih tinggi apabila dijual di pasaran lokal. Sebab, dengan kualitas yang sama, harga kopi robusta di pasar lokal saat ini rata-rata Rp 23.000 perkilogramnya, sedangkan kopi yang di ekspor dihargai Rp 26.000 setiap kilogramnya.

Dalam transaksi ekspor kopi itu pihak eksportir juga membayar secara langsung kepada masing-masing KUB, yakni sebesar 50% lebih dahulu ketika terjadi deal atau kesepakatan jual beli antara kedua pihak. Kemudian, ketika komoditi tersebut dinaikkan ke kontainer, pihak eksportir melunasi sisanya yang 50%. ‘’Kopi robusta yang diekspor tersebut, sesuai ketentuan eksportir, yakni merupakan kualitas grade satu,’’terangnya.

Ronny juga menambahkan, dari kunjungannya beberapa waktu lalu ke perusahaan eksportir kopi PT Asal Jaya Dampit Malang, juga diketahui, pada 2013 lalu dan2014 ini, perusahaan tersebut telah melakukan pembelian kopi robusta dari pengepul yang ada di Kecamatan Ngadirejo  guna diekspor ke Korea Selatan.

‘’Ada salah satu pengepul di Kecamatan Ngadirejo yang membeli kopi robusta daripara petani di Kecamtan Jumo, Gemawang, Candiroto dan Kandangan, kemudiankomoditi itu dijual ke PT Asal Jaya Dampit Malang untuk diekspor,’’ tuturnya.

Diungkapkannya, dari keterangan pihak perusahaan eksportir tersebut, jumlahkopi robusta yang telah dibelinya adalah sebanyak 3.000 ton pada tahun 2013lalu, sedangkan pada tahun ini sejumlah 2.500 ton. Adapun harga pembeliannyaadalah Rp 23.000 untuk setiap kilogramnya.

‘’Manajemen PT Asal Jaya Dampit Malang tersebut juga menyatakan, ke depantetap berencana untuk membeli kopi robusta berkualitas tinggi yang dihasilkan petani di beberapa kecamatan di wilayah Kabupaten Temanggung bagian utara itu,’’ tuturnya.

(Henry Sofyan/CN34/SM Network)

Kopi Arabika Indonesia Segar


Comments

Kopi Robusta Temanggung di Ekspor Ke Korsel — 2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.