Kopi Spesialti Indonesia Yang Mendunia

gayo mandheling lintong toraja coffeeIndonesia merupakan satu-satunya negara produsen kopi yang memiliki kopi spesialti terbanyak di dunia. Beberapa nama kopi spesialti Indonesia yang telah dikenal di mancanegara dan menjadi bagian dari menu di Cafe di kota-kota besar dunia diantaranya adalah Gayo Coffee, Mandheling Coffee, Java Coffee, dan Toraja Coffee. Sedangkan beberapa nama yang saat ini sudah mulai dikenal diantaranya adalah Bali Kintamani Coffee, Flores Coffee, Prianger Coffee, dan Papua Coffee.  Kopi jenis spesialti tersebut dikenal sejajar dengan kopi spesialti dunia lainnya di manca negara khususnya di  Eropa, Jepang, dan Amerika. Kopi spesialti sendiri merupakan kopi kelas premium yang memiliki citarasa tinggi.

Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) Irfan Anwar mengatakan Indonesia memiliki daerah-daerah penghasil kopi yang ”unik”, jika dikelola dan diolah dengan baik akan menghasilkan kopi dengan citarasa spesifik atau kopi spesialti. Indonesia sangat berpotensi menjadi produsen kopi terbesar dunia, mengalahkan Brasil dan Vietnam yang saat ini berada di urutan pertama dan kedua. Optimisme ini muncul karena Indonesia memiliki lahan kopi terluas di dunia. Irfan Anwar mengatakan luas lahan perkebunan kopi di Indonesia mencapai 1,3 juta hektare. sebagai produsen terbesar pertama dunia, Brasil hanya memiliki lahan seluas 650.000 hektare  dan Vietnam hanya memiliki lahan seluas 420.000 hektare. Dikatakan Irfan, luasnya lahan kopi di Indonesia masih perlu didukung dengan meningkatkan produktifitasnya.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak mengatakan,  kopi Indonesia itu memiliki rasa yang spesifik yang tidak dimiliki oleh kopi dari negara lain. Bahkan antara Kopi Mandailing, Kopi Jawa dan Kopi Bali saja memiliki cita rasa yang berbeda. Disitulah hebatnya kopi Indonesia. Kualitas kopi Indonesia yang spesial dan unik tersebut membuat harganya cukup mahal di pasar dunia. Sebut saja jenis Java, Mandailing, Gayo, Toraja, dan Ijen yang disebut specialty coffee. Selain ke lima jenis ini, harganya tidak terlalu tinggi. Kopi-kopi yang harganya tidak terlalu mahal tersebut diantaranya kopi yang berasal dari Lampung, Bengkulu dan Sumatera Selatan yang menghasilkan sekitar 50 persen dari kopi robusta nasional, yang disebut Segi Tiga Emas Kopi. Berdasarkan fakta bahwa kopi Indonesia memiliki citarasa yang khas, Nus Nuzulia pun tidak sungkan-sungkan menyebut bahwa kopi Indonesia saat ini adalah kopi dengan ragam jenis rasa terbaik di dunia.

Di luar negeri para penikmat kopi lebih mengenal kopi indonesia dengan istilah kopi java yang berarti kopi khusus dengan kualitas tinggi. Istilah java sendiri jika diterjemahkan ke dalam bahasa idonesia berarti ‘jawa’ istilah ini lumayan populer sehingga kopi selalu identik dengan java. Masyarakat Amerika sebagai salah satu masyarakat penikmat kopi indonesia mengakui kenikmatan rasa kopi Indonesia. Hal dibuktikan dengan pertumbuhan permintaan akan kopi indonesia sebesar 20 persen. Masyarakat AS juga semakin memahami keaneka ragaman jenis spesialti kopi indonesia yang khas dengan rasa eksotis dan karakter kopi yang spesial. Meskipun merupakan penghasil kopi dengan kualitas baik, namun pengembangan industri kopi nasional masih perlu terus ditingkatkan.  Selain itu juga diupayakan peningkatan konsumsi kopi di dalam negeri sehingga diharapkan semakin banyak biji kopi Indonesia yang diolah dan dikonsumsi di dalam negeri.// Wati

Sumber:
http://voi.rri.co.id/voi/post/berita/102029/warna_warni/kopi_spesialti_indonesia_yang_mendunia.html

Kopi Arabika Indonesia Segar


Leave a Reply

Your email address will not be published.