Kopi Sumatera Termahal Di Dunia

Kopi SumateraSUMATERA, selain memiliki kekayaan rempah-rempah, juga Sumber Kopi termahal di dunia. Predikat bergengsi tersebut dinilai berdasarkan kualitasnya.

“Bicara kopi, Sumatera merupakan sumber kopi termahal di dunia,” kata Veronica Herlina, Ketua Indonesia Barista Competition, kepada Okezone di sela ajang Indonesia Barista Competition 2013 di pamera Food and Hotel 2013 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, baru-baru ini.

Menurutnya, mahalnya kopi yang diproduksi wilayah Sumatera lantaran banyaknya peminat terhadap kopi tersebut. Kopi asal Sumatera “dipaksa” terus berbuah demi memenuhi kebutuhan para penikmatnya.

Selain itu, Sumatera memiliki perkebunan kopi Arabika terbesar di dunia. Keuntungan ini memudahkan para pencinta kopi untuk mendapatkan kopi Arabika dalam satu tempat atau ketika datang ke Sumatera.

“Kopi Sumatera itu terdiri dari Toba, Lintong, Sidikalang, dan sebagainya. Aceh sendiri sudah memiliki pasarnya, terkenal dengan kopi Gayo,” tambahnya.

Dia mengatakan, kopi sumatera disukai kareng tingkat keasaman dan citarasa yang sempurna menurut penikmatnya. Pasalnya, wilayah perkebunan kopi Sumatera dekat juga dengan perkebunan buah-buahan, yang akhirnya turut mempengaruhi citarasa dan aroma kopi.

“Dengan banyak rasa di dalamnya, kopi Sumatera memiliki daya jual tersendiri bagi para pencinta kopi, ini yang membuatnya mahal,” tutupnya. (ftr)

Sumber: okefood.com

Kopi Arabika Indonesia Segar


Leave a Reply

Your email address will not be published.