Kualitas Kopi Arabika RI Nomor Wahid di Dunia

Kopi NusantaraBy Septian Deny

on 10 Okt 2014 at 16:10 WIB

Liputan6.com, Jakarta – Indonesia ternyata memiliki kopi dengan kualitas nomor satu di dunia. Buktinya, kopi jenis Arabika asal Indonesia yang menjadi kopi yang paling banyak diminati dengan harga jual tinggi.

Chairman Specialty Coffee Association of Indonesian Leman Pahlevi mengatakan harga jual kopi Arabica Java dan Sumatera yang berasal dari Indonesia mencapai US$ 100 per kilogram (kg) untuk jenis premium.

“Harga kopi kita ini sama dengan kopi asal Ethiopia. Kalau Kolumbia masih di kisaran US$ 40 sampai US$ 50,” ujarnya Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jumat (10/10/2014).

Berbeda dengan kopi Robusta, jenis Arabika ini memang tergolong kopi yang premium. Hal ini lantaran pohon kopi Arabika hanya bisa tumbuh pada dataran dengan ketinggian 1.000 meter diatas permukaan laut. Sedangkan jenis kopi Robusta bisa tumbuh subur pada ketinggian 600 meter ke bawah.

“Tetapi memang konsumsi paling tinggi Robusta, konsumennya paling besar. Karena harganya juga jauh, dua kali lipat. Untuk Robusta harganya Rp 25 ribu per kg, Arabika harganya mulai dari Rp 50 ribu per kg,” katanya.

Karena hanya bisa tumbuh pada dataran tinggi saja, produksi kopi Arabika pun terhitung masih sangat kecil. Dari produksi kopi lokal yang sebesar 700 ribu kg, Arabika hanya memiliki porsi 25 persen hingga 30 persen. Selain itu, mayoritas kopi Arabika pun ditujukan untuk pasar ekspor.

“Saat ini produksi Arabika paling banyak untuk diekspor. Sebanyak 60 persen kopi Arabika produksi Indonesia dijual di Amerika Serikat,” tandasnya. (Dny/Ndw)

Sumber:
http://bisnis.liputan6.com/read/2117161/kualitas-kopi-arabika-ri-nomor-wahid-di-dunia

Kopi Arabika Indonesia Segar


Leave a Reply

Your email address will not be published.