Pasar Kopi di Yunani

ekspor kopi luwakPasar kopi Yunani termasuk 20 negara terbesar di dunia yang mengkonsumsi kopi. Para importir besar kopi Yunani yaitu Diagonios, Alpha Kaffe, El-Cafe Vasililis Anastasopoulos S.A. dan Loumidis S.A. (Nestle). Para importir tersebut mengimpor kopi Arabica dan kopi Robusta setiap bulannya minimal 20.000 kilogram dari Brazil, Colombia, India dan Vietnam. Sementara pembelian Kopi Sumatera dalam jumlah sangat kecil dan dari distributor di Jerman dan di Belanda. Hanya Diagonios yang mengimpor kopi langsung dari Indonesia yaitu jenis Kopi Luwak sejumlah 200kg/bulan.

Kopi Indonesia memiliki potensi yang besar untuk memasuki pasr Yunani dan Eropa. Selain Kopi Sumatera dan Kopi Toraja yang telah dikenal, saat ini terkenal Kopi Luwak yang telah menarik perhatian masyarakat Yunani. Kopi Luwak dijual di hotel terkemuka di Yunani.

Kualitas dan kuantitas menjadi perhatian importir Yunani selain jumlah produksi dan sertifikasi internasional kopi yang seringkali sulit didapat dari produsen Indonesia.

Sumber : Perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Athena

Sumber:
http://djpen.kemendag.go.id

Kopi Arabika Indonesia Segar


Leave a Reply

Your email address will not be published.