Penyerahan Sertifikat Indikasi Geografis “Kopi Arabika Java Sindoro Sumbing”

23_specialty coffeePosted in Indikasi Geografis by Humas DJHKI

Semarang – wilayah Indonesia yang sangat luas ini dianugerahi sumberdaya alam yang beraneka ragam sehingga kaya akan berbagai hasil produk pertanian, perkebunan, kehutanan dan perairan. Yang menarik produk-produk yang dihasilkan disetiap wilayah memiliki ciri khas atau karakteristik tertentu yang menjadi keunggulan dari masing-masing daerah sekaligus merupakan keunggulan daya saing produk tersebut.

Untuk komoditas kopi saja banyak komoditas pertanian asal Indonesia yang dikenal sebagai sentra penghasil kopi menyebar dari mulai ujung wilayah barat hingga timur Indonesia. Masing-masing produk kopi di berbagai daerah ini memiliki keunggulan yang khas dan diminati oleh konsumen tertentu baik di tingkat masyarakat lokal, domestik, maupun internasional.

Kegiatan Penyerahan Sertifikat Indikasi Geografis “Kopi Arabika Java Sindoro Sumbing” diselenggarakan di Gedung Gradhika Bhakti Praja Kompleks Kantor Gubernur Jawa Tengah pada hari Selasa (16 Desember 2014) yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kemenkumham Ahmad M.Ramli, Direktur Merek Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kemenkumham Bambang Iriana Djajaatmadja, Anggota Komisi IV DPR RI Sri Wulan, Ketua DPRD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Perwakilan POLDA Jawa Tengah,  Kepala Kantor Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah Asminan Mirza Zulkarnain, serta Para Anggota Perhimpunan Masyarakat Perlindungan Indikasi Geogtafis Kopi Arabika Java Sindoro Sumbing.

Penyerahan Sertifikat Indikasi Geografis “Kopi Arabika Java Sindoro Sumbing” ini langsung diserahkan oleh Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Ahmad M.Ramli kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. “dengan diberikan Sertifikat Indikasi Geografis ini selain akan bermanfaat untuk melindungi kualitas produk juga secara signifikan akan berpengaruh baik terhadap kemajuan dan pengembangan kelompok tani/masyarakat produsen, percepatan pengembangan wilayah serta peningkatan daya saing produk di pasar domestik maupun internasional”, tutur Direktur Jenderal HKI Ahmad M.Ramli.

Semoga dengan telah diberikannnya Sertifikat Indikasi Geografis “Kopi arabika Java Sindoro Sumbing” ini dapat terus terjaga reputasi sekaligus lingkungannya serta mutu prima dari produk-produk Kopi Arabika Sindoro Sumbing baik dipasar domestik maupun internasional.

(Humas DJHKI – Desember 2014)

Sumber:
http://humas.dgip.go.id/penyerahan-sertifikat-indikasi-geografis-kopi-arabika-java-sindoro-sumbing/

Kopi Arabika Indonesia Segar


Leave a Reply

Your email address will not be published.