Petani Tebedak Kembangkan Tanaman Kopi Arabika

tanaman kopiPublished on Jan 28 2015 // Landak

Ngabang. Petugas penyuluhan pertanian kabupaten Landak dan petani desa Tebedak kecamatan Ngabang, mulai mencoba mengembangkan bibit tanaman kopi arabika. Menurut Agus, salah seorang petani karet, selain tanaman karet dan kelapa sawit tanaman kopi juga cocok di tanam di wilayahnya. “Kami petani harus mencoba menanam bibit kopi arabika ini. Dan petani lain juga berniat untuk  mengembangkan kopi jenis arabica ini,” katanya.
Ia mengaku, sebelumnya sudah ada rencana sejak beberapa tahun lalu, hanya kesulitan mendapatkan bibit (biji ) kopi jenis arabika ini,  karena jarang dikembangkan di daerah ini. “Bibit kopi arabika ini jarang di kembangkan di Landak. Kalaupun ada itu mungkin hanya satu atau dua batang saja,” ucapnya.

Dikatakannya, petani sudah berencana akan mengembangkan bibit kopi arabika. Untuk mengembangkan bibit ini cukup lama karena untuk mendapatkan bibitnya juga cukup lama. “Jumlah bibit yang mulai di semai ini, kurang lebih 1.200 biji.Kalau hidup semua hanya cukup du tanam untuk 1 hetare saja,” tutur Agus.

Ia menambahkan, dalam pengembangan bibit kopi arabika ini, petani juga mengharapkan pembinaan dari tenaga penyuluhan pertanian Landak. “Karena masih banyak hal-hal dan tehnik penanamannya yang harus di ketahui apalagi tanaman jenis komoditi kopi ini,” pungkas Agusmanto.(ius)

Sumber:
http://rkonline.id/landak/petani-tebedak-kembangkan-tanaman-kopi-arabika

Kopi Arabika Indonesia Segar


Leave a Reply

Your email address will not be published.