RI Jadi Eksportir Kopi Spesial Terbesar di Dunia

25_specialty coffee indonesiaWiji Nurhayat – detikfinance
Selasa, 02/09/2014 17:06 WIB

Jakarta -Produksi kopi Indonesia memang masih kalah jauh dibandingkan Brasil dan Vietnam. Namun untuk kopi spesial (specialty coffee), Indonesia satu-negara yang memasok paling besar di dunia.

“Indonesia bisa memasok specialty coffee terbesar di dunia,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Kementerian Perdagangan Nus Nuzulia Ishak saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, Jalan Ridwan Rais, Jakarta, Selasa (2/09/2014).

Nus menjelaskan rata-rata negara produsen kopi seperti Vietnam dan Brasil hanya bisa menghasilkan 2 jenis kopi. Sementara Indonesia dengan posisi geografis yang membentang dari timur ke barat memiliki kelebihan tertentu, sehingga punya berbagai jenis kopi yang dihasilkan.

“Jadi Indonesia bisa jadi nomor satu pemasok specialty coffee karena di beberapa negara hanya punya 1-2 jenis. Kalau kita punya 7 specialty coffee. Penilaian berdasarkan tempat dimana tumbuh seperti di Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Jawa Timur dan Jawa Tengah dan Jawa Barat,” paparnya.

Saat ini saja kopi spesial asal Indonesia yang sudah menembus pasar ekspor seperti kopi luwak, kopi Mandailing, kopi Gayo, dan kopi Toraja. Harganya pun lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kopi biasa seperti robusta dan arabica.

“Harganya jauh lebih mahal untuk specialty coffee yaitu US$ 7/Kg, tetapi untuk kopi biasa seperti robusta hanya US$ 4/Kg,” cetusnya.

Sumber:
http://finance.detik.com/read/2014/09/02/170651/2679302/4/ri-jadi-eksportir-kopi-spesial-terbesar-di-dunia

Kopi Arabika Indonesia Segar


Leave a Reply

Your email address will not be published.